May 11, 2021

disidentes.net

Melengkapi dalam sebuah keterbatasan

Tanda Kelebihan Gula Dalam Tubuh Dan Cara Mengatasinya

Tanda Kelebihan Gula Dalam Tubuh Dan Cara Mengatasinya

Gula merupakan komponen bahan makanan yang memiliki rasa manis. Produk ini kerap ditambahkan kedalam beragam jenis makanan untuk menunjang produk olahan makanan tersebut memiliki rasa. Gula disediakan dalam beragam jenis bentuk sesuai dengan sumber gula itu sendiri. Namun, apakah anda tahu bahwa sebagian besar bahan makanan mengandung gula? Nasi yang anda konsumsi serta beragam makanan sumber karbohidrat merupakan komponen gula yang ada dalam makanan secara alami. Sehingga beragam makanan tersebut memiliki rasa yang manis.

Banyaknya jenis makanan yang mengandung gula baik disediakan langsung oleh alam maupun ditambahkan ke dalam produk olahan makanan, membuat masyarakat mengkonsumsi gula berlebih. Konsumsi gula yang tinggi akan mengakibatkan banyak permasalahan kesehatan. Dari penyakit ringan hingga kronis. Salah satu penyakit yang dapat terjadi jika konsumsi gula berlebih adalah diabetes. Dimana penyakit ini akan mengurangi kinerja tubuh dalam menjalankan aktivitas dan menurunkan kesehatan dalam tubuh.

Ada beberapa tanda yang dapat menjadi gejala konsumsi gula berlebih dalam tubuh yakni :

  1. Organ mulut terasa kering
  2. Sering buang air kecil
  3. Suka merasa kehausan berlebih
  4. Sering merasa kelaparan
  5. Tubuh mudah terasa Lelah
  6. Mengalami perubahan warna pada lipatan tubuh
  7. Pandangan mudah kabur

Beberapa gejala diatas merupakan gejala yang dialami oleh masyarakat yang konsumsi gula harian mereka berlebih. Batas konsumsi gula harian manusia normal adalah 5 hingga 9 sendok teh per hari atau setara dengan 50 gram gula. Konsumsi gula untuk anak disarankan 2 hingga 5 sendok gula per harinya untuk menunjang pertumbuhan tubuh yang optimal. Apa yang anda lakukan ketika mencapai batas konsumsi gula harian dan merasakan gejala konsumsi gula berlebih?

Jawabannya adalah diet gula. Diet ini merupakan kegiatan yang mendukung konsumsi gula harian sehingga anda memiliki tubuh yang sehat. Melakukan diet gula artinya anda melakukan kontrol terhadap konsumsi gula harian tubuh. Baik dalam bentuk konsumsi makanan hingga penambahan gula dalam makanan. Kegiatan diet gula dapat dilakukan mulai dari anak – anak hingga orang dewasa yang disesuaikan dengan saran diet gula yang dianjurkan. Ada beberapa tahapan yang dapat anda terapkan selama melakukan kegiatan diet gula tersebut. Berikut merupakan ulasannya :

  1. Mengurangi konsumsi minuman dengan tambahan bahan pemanis
  2. Menggunakan pemanis alami yang rendah kalori
  3. Memasak menu masakan rumahan harian
  4. Membaca komposisi produk kemasan yang dikonsumsi harian dan mengurangi konsumsi produk dengan kandungan gula yang tinggi.
  5. Perbanyak konsumsi air putih

Kegiatan diatas dapat anda terapkan pada anda sekeluarga dalam mendukung kegiatan diet gula yang dilakukan. Dengan mengontrol jumlah gula harian yang dikonsumsi anda belajar untuk hidup lebih sehat.