July 29, 2021

disidentes.net

Melengkapi dalam sebuah keterbatasan

Sering Cedera Saat Senam lantai? Anda Bisa Menggunakan Tips Berikut Untuk Mengatasinya

Senam lantai

Pernahkah anda melakukan kegiatan senam lantai namun malah cedera? Hal ini sering terjadi ketika anda melakukan kegiatan senam lantai tanpa pengawasan dari instruktur dan melakukan kegiatan ini sendiri di rumah. Akibatnya anda jadi malas melakukan kegiatan ini sebagai olahraga ringan yang dapat dilakukan ketika senggang.

Kegiatan senam lantai dapat menjadi kegiatan olahraga harian yang dapat anda lakukan untuk menunjang kesehatan dan kebugaran tubuh anda. Perlengkapan yang dibutuhkan dalam melakukan kegiatan senam lantai sendiri terbilang sedikit dan dapat dilakukan dirumah sehingga ekonomis. Olahraga ini mampu menyelamatkan anda dalam melakukan kegiatan olahraga yang cepat dan tidak membutuhkan waktu lama untuk persiapan.

Apabila anda ingin melakukan kegiatan senam lantai kembali namun takut cedera, tenang saja. Berikut ini merupakan beberapa tips yang dapat anda lakukan ketika melakukan senam lantai agar tidak melukai diri anda :

  1. Melakukan kegiatan warm up dan cooling saat senam lantai

Dalam melakukan kegiatan olahraga apapun, anda dapat melakukan warm up terlebih dahulu sebelum menggerakkan tubuh anda dalam ragam gerakan senam lantai. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung anda dalam meregangkan otot anda terlebih dahulu sebelum melakukan gerakan senam lantai sehingga anda tidak mencederai otot anda. Setelah melakukan kegiatan senam lantai anda juga dapat menggunakan kegiatan cooling untuk mendinginkan tubuh setelah berolahraga agar tidak kram.

  1. Melakukan kegiatan senam lantai secara rutin

Kegiatan olahraga merupakan kegiatan yang menuntut consistency dalam menjalankannya. Sehingga jika anda ingin mahir melakukan kegiatan senam lantai maka anda dapat melakukan kegiatan ini secara rutin di rumah anda. Hal ini mampu membuat tubuh anda terbiasa melakukan gerakan senam lantai yang dilakukan. Apabila ada gerakan senam lantai yang tidak anda kuasai maka anda dapat melakukan gerakan tersebut secara bertahap untuk menghindari cedera yang timbul saat melakukan gerakan.

  1. Melakukan kegiatan senam lantai di ruangan yang luas dan memudahkan anda bergerak

Saat melakukan kegiatan senam lantai, ada baiknya anda memperhitungkan ruang untuk bergerak dan melakukan berbagai gerakan. Usahakan anda mendapatkan cukup ruang untuk melakukan ragam gerakan senam lantai yang dilakukan. Hal ini mampu mengurangi resiko anda terkena cedera otot saat melakukan ragam gerakan olahraga tersebut.

  1. Menggunakan perlengkapan senam lantai yang berkualitas baik

Jika anda ingin melakukan senam lantai rutin maka anda dapat menggunakan perlengkapan yang berkualitas. Misalnya saja anda menggunakan baju untuk senam yang nyaman digunakan dalam bergerak dan tidak menghambat anda. Fitur kenyamanan juga dipertimbangkan dalam memilih pakaian yang digunakan dalam senam lantai. Bila anda menggunakan perlengkapan senam yang kurang baik maka anda akan mudah terkena cedera. Hal ini dikarenakan anda tidak nyaman menggunakannya dan pakaian tersebut menghambat anda dalam bergerak.