April 15, 2021

disidentes.net

Melengkapi dalam sebuah keterbatasan

Mengenal Teknik Manual Brew V60, Cara Lain Menyeduh Kopi

Mengenal Teknik Manual Brew V60, Cara Lain Menyeduh Kopi

Ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk menyeduh kopi agar dapat menghasilkan rasa dan aroma yang cukup lezat. Seperti dengan menggunakan teknik manual brew V60 dimana teknik yang satu ini ternyata sudah banyak diterapkan oleh café-café maupun kedai kopi yang ada di Indonesia. Karena memang kualitas kopi yang ditawarkan memang sangat lezat.

Manual brew V60 sendiri merupakan sebuah alat dimana menyerupai bentuk kukusan bamboo atau cone yang mempunyai ukuran kecil dan sudah dilengkapi dengan filter berupa kertas. Filter tersebut digunakan untuk menyaring gilingan kopi. Karena kemampuan yang dimiliki itulah, banyak orang ternyata jatuh cinta dengan alat yang satu ini.

Bagaimana Awal Mula Kemunculan Manual Brew V60

Kepopuleran dari teknik manual brew V60 inipun memang tidak perlu diragukan lagi. Tetapi apakah anda sudah mengetahui bagaimana asal muasal dari alat tersebut? ternyata alat ini pertama kali muncul di Tokyo Jepang oleh sebuah perusahaan kimia. Adapun produk gelas V60 yang dihasilkan pada saat itu memanfaatkan 100% minera alami.

Adapun tujuannya yakni supaya alat tersebut mampu tahan terhadap panas dari proses penyeduhan kopi. Barulah beberapa tahun kemudian, alat tersebut dikombinasikan dengan peralatan seduh lainnya seperti dripper dan kertas filter dengan bentuk V atau dengan sudut 60 derajat.

Mulai saat itulah dikenal alat v60 yang ada sekarang ini. Adapun dripper V60 itu sendiri dapat terbuat dari plastic, aluminum hingga keramik. Sedangkan untuk bagian dari filternya harus menggunakan kertas khusus dimana digunakan untuk menyaring bubuk kopi.

Daya tarik yang dimiliki oleh alat dripper V60

Membuat kop dengan menggunakan teknik manual brew V60 ini ternyata memang menawarkan keunggulan tersendiri karena dapat memberikan pengalaman menyeduh kopi yang terbaik. Disamping itu, V60 inipun ternyata juga memiliki daya tarik tersendiri yang ada didalamnya. Adapun daya tarik dari alat penyeduh kopi ini diantaranya adalah:

  1. Bentuknya yang unik

Adapun daya tarik pertama dari alat ini adalah bentuknya yang cukup unik dan menarik yakni berbentuk kerucut dengan sudut. Dengan cara inilah akan memberikan kemudahan agar air dapat mengalir ke pusat kopi dengan mudah.

  1. Mempunyai rusuk spiral yang terdapat dari ujung hingga puncak

Selain itu rusuk berbentuk spiral dari ujung hingga puncak alat juga memberikan daya tarik tersendiri. Dengan cara inilah akan membuat kopi mampu mengembang dengan maksimal ketika sedang disiram dengan air panas.

  1. Mampu menghadirkan aroma khas ketika proses pembuatan

Anda dijamin akan menikmati setiap proses pembuatan dari alat yang satu ini. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena teknik inipun dapat menghadirkan aroma kopi yang cukup kuat tanpa adanya ampas pada hasilnya.

Membuat kopi dengan memanfaatkan teknik manual brew V60 menjadi salah satu pilihan bagi banyak orang karena sejumlah kelebihan yang ditawarkan yakni mampu menghasilkan kopi dengan aroma harum.