October 18, 2021

disidentes.net

Melengkapi dalam sebuah keterbatasan

Mengenal Lebih Dekat Kaligata pada Anak

Mengenal Lebih Dekat Kaligata pada Anak

Kaligata pada anak, mungkin istilah kaligata masih belum familiar di beberapa telinga para bunda. Kaligata merupakan nama lain dari biduran. Biduran sendiri adalah salah satu bentuk gangguan pada kulit yang biasanya menyebabkan bintik bintik berwarna merah. Bintik tersebut akan berubah menjadi ruam dan berwarna putih apabila digaruk terus menerus. Tentu saja, biduran ini tak bisa disepelekan apalagi jika menyerang si kecil karena gatal yang ditimbulkan akan membuat si kecil rewel. Apa yang terjadi jika si kecil terus terusan rewel? Bunda pun tentunya akan dibuat panik meski bukan karena penyakit kulit yang membahayakan.

Seringkali bunda akan merasa begitu stres ketika si kecil terserang kaligata. Berbagai cara tentunya akan bunda tempuh demi menenangkan si kecil. Sebenarnya, bunda tak perlu merasa pusing tujuh keliling. Apabila bunda sudah mengerti apa yang menyebabkan kaligata pada anak, bunda bisa mencegahnya sedari dini. Atau, jika sudah terlanjur nongol, bunda bisa mengatasinya dengan cara cara yang sesuai dengan penyebabnya. Maka dari itu, agar bunda bisa melakukan penanganan yang tepat, bunda wajib tahu dulu apa penyebab dari kaligata pada anak sekaligus cara mencegah dan menanganinya. Simak informasinya berikut ini.

Jenis Kaligata pada Anak

Kaligata pada anak beragam jenisnya mulai dari yang sederhana sampai dengan yang parah. Biduran yang dapat dikatakan sederhana apabila kulit anak hanya mengalami bentol bentol warna merah pada kulitnya. Bentol akan hilang seiring dengan kurun waktu mulai beberapa jam dan paling lama satu harian. Sedangkan untuk kategori biduran yang sudah parah yaitu gatal merah yang disertai dengan ruam pada kulitnya. Ruam akan semakin parah saja jika si kecil terus menggaruknya dan lama kelamaan bentolnya juga berubah warna putih dan membesar. Itulah mengapa si kecil akan terus terusan rewel apabila biduran terus menyerangnya.

Faktor yang Menyebabkan Kaligata pada Anak

Ada beragam faktor yang menyebabkan kaligata pada anak. Kaligata biasanya menyerang si kecil yang tak tahan akan cuaca yang terus berubah. Faktor lain yang juga bisa memunculkan kaligata yaitu obat obatan dan makanan. Semua faktor yang telah disebutkan tadi akan membuat tubuh memproduksi zat yang bernama histamin. Zat inilah yang membuat anak mengalami gatal berkepanjangan dan rewel pun tak akan bisa dielakkan. Kira kira faktor yang mana yang pernah si kecil alami, bunda?

Cara Menangani Kaligata pada Anak

Kaligata pada anak dapat diatasi apabila bunda sudah tahu penyebabnya. Apabila si kecil mengalami kaligata yang disebabkan oleh cuaca, bunda pun dituntut pintar. Kaligata akibat cuaca panas bisa bunda tangani dengan membawanya ke tempat yang sejuk. Sebaliknya, apabila kaligata yang menyerang disebabkan oleh cuaca dingin, bunda bisa memakaikan kaos kaki pada si kecil dan memberinya selimut yang tebal. Jika alergi kaligata disebabkan oleh makanan, maka bunda lebih baik menghindari makanan tersebut. Lebih baik jangan langsung berikan si kecil obat. Obat bisa diberikan apabila mendapat resep dari dokter dan kaligata tak kunjung reda meski bunda sudah melakukan penanganan penanganan yang tadi sudah disebutkan.

Cara Mencegah Kaligata pada Anak

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Pencegahan terhadap kaligata bisa bunda lakukan dengan tidak memberikan sesuatu yang membuat kaligata kambuh. Misal, jangan memberikan makanan penyebab kaligata secara berlebihan, memberikannya pakaian yang longgar, tidak membawanya ke tempat yang terlalu panas atau dingin, dan bunda bisa memberikan vitamin serta makanan yang bergizi. Salah satunya dengan memberi si kecil susu SGM secara teratur setiap hari. Pemberian susu tersebut dapat meningkatkan imun tubuhnya sehingga kaligata pada anak bisa dihindari.