May 11, 2021

disidentes.net

Melengkapi dalam sebuah keterbatasan

Manfaat Susu Whey Protein untuk Anak-Anak

Manfaat Susu Whey Protein untuk Anak-Anak

Whey protein adalah salah satu bentuk turunan dari protein yang sangat bermanfaat bagi tubuh, khususnya anak-anak. Biasanya orang dewasa mengonsumsi protein tersebut untuk tujuan pembentukan otot. Akan tetapi, manfaat susu whey protein juga sangat baik untuk anak-anak. Apa saja manfaat tersebut? Perhatikan penjelasan berikut ini.

Keunggulan Whey Protein daripada Protein Lainnya

Umumnya, jenis protein yang terdapat pada susu anak adalah kasein dan whey. Sebenarnya kedua jenis tersebut bisa membantu pertumbuhan anak. Akan tetapi, dibandingkan kasein, susu whey protein jauh mempunyai kualitas yang lebih baik. Whey protein bisa cepat diserap oleh tubuh dan dapat meningkatkan asam amino dengan cepat.

Manfaat Susu Whey Protein untuk Anak-anak

  1. Membantu meningkatkan sistem imunitas anak

Manfaat yang pertama dari susu whey protein adalah sangat baik untuk menjaga imunitas tubuh anak. Seperti kita ketahui, anak-anak adalah masa ketika mereka masih aktif bermain dan mengeksplorasi lingkungan sekitar. Oleh karena itu, dibutuhkan imunitas yang baik agar mereka tidak mudah terserang penyakit ketika melakukan aktivitas-aktivitas tersebut.

Menurut penelitian yang dilakukan di Montreal Children’s Hospital di Kanada, whey protein bisa membantu tubuh dalam menjaga sistem imunitas, salah satu caranya adalah dengan mengurangi respons terhadap atopik asma. Selain itu, dalam jurnal yang diterbitkan U.S. Dairy Export Council yang berjudul Whey Protein and Immunity, whey protein mengandung asam amino empat kali lebih banyak daripada protein lain.

  1. Mendorong pertumbuhan tubuh anak

Selain menjaga imunitas tubuh, susu whey protein juga mampu mendorong pertumbuhan tubuh anak seperti pembentukan otot yang maksimal. Selain itu, proses pertumbuhan anak bisa menjadi lebih seimbang. Dalam jurnal yang terdapat di The Journal of Nutrition, ada beberapa manfaat luar biasa dari whey protein seperti melancarkan metabolisme tubuh dan meningkatkan kualitas protein.

  1. Memulihkan malnutrisi

Apabila anak mengalami malnutrisi, akan lebih baik jika mengonsumsi susu whey protein karena sudah terbukti bisa mengatasinya. Menurut hasil penelitian yang diterbitkan Maternal & Child Nutrition, whey protein sangat efektif untuk menggantikan suplemen dalam mengatasi malnutrisi yang cukup parah.

Selain itu, pada studi yang sudah diterbitkan di The American Journal of Clinical Nutrition, mereka mengemukakan bahwa anak yang diberikan whey protein mengalami peningkatan pertumbuhan yang cukup tinggi daripada anak yang mendapatkan protein soya. Dengan begitu, kondisi malnutrisi pada anak bisa segera diatasi.

Itulah beberapa fungsi susu whey protein yang sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Meski begitu, tidak semua anak akan cocok dengan susu whey protein. Akan lebih baik jika sebelum memberikan ke anak-anak, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar tidak terjadi efek samping yang tidak diinginkan.