October 18, 2021

disidentes.net

Melengkapi dalam sebuah keterbatasan

Keunikan Citarasa Kopi Robusta yang Wajib Anda Ketahui

Keunikan Citarasa Kopi Robusta yang Wajib Anda Ketahui

Indonesia merupakan salah satu negara yang menghasilkan kopi  terbesar di dunia selain Brazil, Vietnam dan negara lain. Kopi Arabica memiliki penggemar tersendiri, tetapi jenis kopi robusta tak kalah fenomenal di Indonesia. Sebagai negara tropis, Indonesia menghasilkan jenis biji robusta yang memiliki tingkat kekentalan yang bagus dengan rasa istimewa.

5 Fakta tentang kopi robusta di Indonesia

Buat Anda yang menyukai secangkir kopi di pagi hari, tetapi bingung mengenai rasa kopi robusta dan arabika, sebaiknya ketahui 5 fakta tentang robusta berikut ini.

1. Memiliki jumlah produksi lebih banyak

Indonesia merupakan negara tropis yang cocok untuk budidaya robusta sehingga produksi biji kopi ini lebih banyak daripada arabika. Total produksi tahunan bisa mencapai 80 persen lebih banyak dibandingkan jenis arabika, lho! BIsa jadi kopi yang Anda konsumsi sehari-hari merupakan jenis biji robusta.

2. Lebih mudah proses penanaman

Para petani kopi menyukai budidaya jenis robusta bukan tanpa alasan. Pasalnya, robusta memiliki kemudahan dalam proses penanaman yaitu umur berbuah hanya 2,5 tahun, bisa tumbuh di ketinggian mulai 700-1200 mdpl dan lebih aman dari risiko karat daun. Potensi panen biji kopi lebih banyak sebab robusta mudah berkembang dan cepat pemanenannya.

3. Harga lebih murah

Pangsa pasar kelas menengah kebawah menjadi sasaran pecinta hasil robusta. Harga robusta jauh lebih murah dibandingkan dengan kopi arabika yang perlu waktu lama untuk panen. Petani bisa mendapatkan untung lebih banyak dilihat dari durasi pemanenan kopi ini.

4. Memiliki aroma yang unik

Keunikan citarasa robusta disebut seperti gandum yang unik, kuat dan tajam sehingga disukai banyak orang. Robusta memiliki rasa manis seperti coklat, agak pahit dan tidak terasa asam berlebihan. Tak heran kalau banyak orang yang lebih memilih konsumsi kopi robusta, alih-alih jenis arabica yang lebih mahal.

5. Kandungan kafein

Fakta unik lain dari robusta adalah kandungan kafein lebih tinggi dibandingkan dengan arabica. Tak main-main, kandungan kafein pada robusta bisa mencapai kadar 2.2%  sedangkan arabica hanya 1.2 % saja. Buat Anda yang ingin menikmati kopi yang bisa menjadi teman begadang, bisa mempertimbangkan secangkir robusta panas yang nikmat.

Keduanya mengandung antioksidan yang bisa menghilangkan stress dan membuat kulit lebih kinclong. Kalau Anda ingin membuat masker alami, bisa menggunakan ampas kopi sebagai lulur wajah.

Beberapa fakta terkait kopi robusta bisa menjadi tambahan wawasan Anda yang menyukai citarasa kopi. Menikmati aneka biji robusta yang tersebar di seluruh Indonesia bisa memberikan rasa bangga tersendiri.

Anda bisa membandingkan citarasa masing-masing robusta dari berbagai daerah yang dikenal sebagai penghasil robusta terbanyak di negeri ini, misalnya robusta dari Sumatera, Jawa Tengah, Jawa Timur, Flores, dan lain-lain. Yuk, menikmati secangkir robusta istimewa yang dicampur susu atau orisinal favorit Anda, kenapa tidak?