October 18, 2021

disidentes.net

Melengkapi dalam sebuah keterbatasan

Ketahui 5 Dampak Buruk Mengonsumsi Susu Terlalu Banyak

Ketahui 5 Dampak Buruk Mengonsumsi Susu Terlalu Banyak

Anak-anak perlu mendapatkan asupan protein, kalsium dan vitamin D untuk menunjang kebutuhan nutrisi selama masa pertumbuhan. Kandungan nutrisi yang baik pada susu sapi bisa membantu pemenuhan kebutuhan si kecil. Sebagai langkah mengupayakan nutrisi lengkap untuk anak, maka orangtua bisa memberikan minuman susu sachet yang memiliki nilai gizi tinggi. Tak kalah dengan susu formula bubuk pada umumnya, susu sachet memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

Masalah yang disebabkan oleh konsumsi susu berlebihan pada anak

Anak-anak memiliki takaran minum susu yang direkomendasikan dokter atau ahli gizi yang profesional. Misalnya anak-anak yang berusia 1-2 tahun, bisa mengonsumsi 1-2 gelas susu per hari saja. Sedangkan anak yang lebih besar bisa mengonsumsi lebih dari dua gelas atau lakukan kebiasaan minum susu pagi dan malam hari saja. Kontrol kebiasaan anak dalam mengonsumsi susu harus orangtua perhatikan agar tidak menimbulkan masalah kemudian hari.

Jika berlebihan mengonsumsi minuman susu sachet setiap hari, risiko kesehatan bisa saja mendera konsumen antara lain :

1.  Mengalami masalah obesitas

Hal paling mengerikan dari mengonsumsi susu berlebihan untuk anak dalam masa pertumbuhan adalah kelebihan berat badan alias obesitas. Susu sapi tetap memiliki kalori dan lemak yang cukup tinggi sehingga rentan mengalami masalah berat badan. Anda harus memilih jenis susu yang menawarkan kadar gula rendah untuk kebaikan pertumbuhan anak sekaligus mencegah diabetes pada anak-anak.

2.  Mengalami masalah sembelit atau gangguan pencernaan lain

Risiko mengonsumsi susu terlalu banyak adalah menyebabkan sembelit atau gangguan pencernaan. Sembelit disebabkan oleh kandungan susu yang minim serat untuk memperlancar saluran pencernaan. Anak menjadi lebih cepat kenyang dan enggan mengonsumsi jenis buah dan sayuran yang kaya serat.

3.  Mengalami gangguan penyerapan zat gizi

Konsumsi susu berlebihan pada anak-anak akan menyebabkan gangguan penyerapan zat besi. Kalsium yang dikonsumsi secara berlebihan bisa membuat tumbuh kembang anak alami penurunan.

4.  Menyebabkan masalah kesehatan lain

Dampak buruk mengonsumsi susu berlebihan bisa memicu masalah kesehatan lain yang tidak diinginkan, misalnya anak mengalami intoleransi laktosa, alergi susu, menimbulkan masalah kesehatan kulit, dan rentan terkena penyakit berbahaya kemudian hari. Jika anak mengonsumsi susu lebih dari tiga gelas setiap hari, maka bisa mengalami dampak penyakit tidak diinginkan kemudian hari.

Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa orang yang kelebihan susu rentan mengalami kanker pada usia tertentu. Kanker ovarium dan kanker prostat masih menjadi momok yang paling menakutkan akibat hobi ini.

Beberapa masalah yang timbul akibat kebiasaan minum susu sachet yang berlebihan bisa Anda hindari sebaik mungkin. Minum susu secara berlebihan bisa membuat anak lebih kenyang dan malas belajar, alih-alih semangat menyambut hari yang lebih produktif. Yuk, batasi anak mengonsumsi minuman susu sachet agar tubuh bisa mendapatkan manfaatnya!