May 11, 2021

disidentes.net

Melengkapi dalam sebuah keterbatasan

Kehamilan 6 Minggu, Kondisi Bayi dan Perubahan Pada Ibu Hamil

Kehamilan 6 Minggu, Kondisi Bayi dan Perubahan Pada Ibu Hamil

Pada usia kandungan 6 minggu kehamilan, terjadi gerakan yang semakin aktif pada si bayi. Selama periode ini, sistem saraf dan pernapasan anak berkembang secara aktif, bronkus terbentuk di paru-paru, dan saraf optik muncul.

Jantung bayi yang belum lahir sudah memiliki empat bilik. Sistem genitourinari muncul dan berkembang, kelenjar endokrin dan saliva, saluran empedu juga demikian. Selain itu bayi atau janin sudah memiliki ciri seperti terbentuknya hidung, mata, rahang atas dan bawah.

USG janin

Pada usia 6 minggu, ibu sering melakukan USG pertama pada janin. Di layar anda sudah dapat melihat dasar-dasar jari di tangan dan kaki anak, anda dapat melihat hidung dan mata tertutup – kelopak mata dan belum berfungsi atau terbuka.

Bayi mulai bergerak, tetapi ibunya belum merasakan kadang gerakan tersebut karena memang sangat kecil dan halus. Pada minggu ke 6 kehamilan, inilah saatnya memberikan asupan yodium dalam tubuh bunda biasanya akan diberikan vitamin oleh dokter kandungan.

Foto perut

Bayi pada usia kehamilan 6 minggu seukuran kacang atau anggur: tingginya 14-20 mm, dan beratnya hanya 3 gram. Jelas, janin dengan ukuran ini tidak akan mempengaruhi penampilan Bunda dengan cara apapun.

Foto perut pada minggu ke 6 kehamilan menunjukkan tidak ada yang terlihat dari luar, Kondisi perut bunda akan sama saja seperti tidak sedang hamil.

Apa yang terjadi pada ibu pada 6 minggu?

Pada minggu keenam kehamilan, tidak hanya dengan bayi, tetapi juga dengan ibu, terjadi perubahan serius.

Bayi tumbuh dan berkembang mendapatkan semua energi dan nutrisi dari tubuh bunda. Hal ini menyebabkan nuturisi yang terserap pada tubuh akan terbagi, sehingga bunda akan cepat merasakan kelelahan.

Selama periode ini, sangat penting untuk meninggalkan faktor-faktor negatif yang dapat mempengaruhi perkembangan anak secara seginfikan seperti bunda harus meninggalkan kebiasan buruk misalkan:

  • berhenti merokok atau mencium asap rokok
  • jangan minum alkohol
  • hindari melakukan kegiatan yang berat dan menguras tenaga serta jaga manajemen pikiran bunda supaya tidak sampai stress
  • jangan minum obat tanpa berkonsultasi dengan dokter
  • jangan melakukan rontgen dan prosedur apa pun yang melibatkan radiasi.

Pada minggu ke 6 kehamilan, perubahan penampilan wanita juga mulai terjadi. Payudaranya membesar dan nyeri. Seiring waktu, ketidaknyamanan akan berlalu, jadi anda tidak boleh lemah dan usahakan terus jaga kondisi kesehatan makan yang bergizi dan atur kesehatan dengan baik.

Pada wanita yang rentan terhadap pigmentasi, bintik-bintik muncul, garis-garis gelap di area pusar, areola pada puting menjadi gelap, dan putingnya sendiri menjadi kasar. Banyak wanita hamil merasa kulit dan rambut mereka terlihat lebih sehat serta tekstur dan warnanya membaik.

Bagaimana perasaan umum ibu hamil di usia 6 minggu ?

Sebagian besar sensasi yang bisa dialami wanita hamil pada 6 minggu dikaitkan dengan rahim yang tumbuh dan perubahan hormonal. Saat ini, wanita paling sering menghadapi gejala kehamilan berikut ini:

  1. Mual dan muntah, yang biasanya diamati pada pagi hari. Untungnya, toksikosis tidak terjadi pada semua wanita, dan setelah 10-11 minggu rasa mual bisa akan menghilang.
  2. Keinginan yang tak tertahankan untuk makan sesuatu, terkadang tidak biasa. Maka dari itu kalau orang indonesia banyak menyebutnya sebagai ngidam.
  3. Mengalami nyeri di perut bagian bawah, yang berhubungan dengan pembesaran rahim dan keseleo.
  4. Sering buang air kecil karena alasan yang sama.
  5. Gangguan saluran cerna yang disebabkan oleh hormon kehamilan progesteron.
  6. Kelemahan dan pusing.
  7. Perubahan suasana hati atau mood.