July 29, 2021

disidentes.net

Melengkapi dalam sebuah keterbatasan

Jenis Hormon Menstruasi Yang Mempunyai Peran dalam Siklus Haid

Jenis Hormon Menstruasi Yang Mempunyai Peran dalam Siklus Haid

Sudah tahukan apa saja jenis hormone menstruasi? Seperti yang sudah diketahui, proses haid sendiri ternyata bisa terjadi didalam tubuh karena diatur oleh keberadaan hormone tersebut. Selain itu, hormone sendiri juga bertanggung jawab dimana akan mempengaruhi siklus haid para wanita. Apabila kadar hormone tidak seimbang ternyata juga dapat mengganggu siklus hormone seseorang.

Perempuan yang mengalami kelainan pada jumlah kadar hormone ternyata bisa mengalami haid yang menjadi tidak teratur. Itulah sebabnya, hormone memang mempunyai peran yang cukup penting dimana akan berpengaruh pada siklus haid wanita. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak ulasan yang ada dibawah ini.

Jenis Hormone Menstruasi

Siklus haid sendiri ternyata berlangsung selama 4 fase yakni fase menstruasi, fase folikuler, fase ovulasi dan fase luteal. Di masing-masing fase tersebut, setiap hormone ternyata mempunyai peran yang berbeda-beda. Sampai disini, anda pastinya penasaran bukan apa sajakah jenis hormone menstruasi? Langsung saja simak ulasannya berikut.

  1. Hormone estrogen

Estrogen merupakan hormone seks wanita dimana mempunyai peran buat menumbuhkan dan mematangkan dinding Rahim yang menebal ketika melewati fase luteal didalam siklus haid. Fase luteal disini merupakan bagian didalam siklus haid dimana akan terjadi sebelum fase menstruasi.

Didalam fase inilah, kadar hormone estrogen dan progresteron memang akan mengalami peningkatan sehingga akan memicu terjadinya penebalan dinding Rahim sebagai salah satu persiapan kehamilan.

Jika ternyata kehamilan tidak terjadi, maka sel telur tidak dibuahi oleh sperma maka lapisan dinding Rahim tersebut akan langsung meluruh. Jaringan yang luruh itulah akan keluar dari vagina dan berbentuk darah. Itulah yang dikenal sebagai darah menstruasi.

  1. Hormone progresteron

Adapun jenis hormone menstruasi berikutnya yakni progresteron dimana juga dikenal sebagai hormone seks wanita. Adapun fungsi dari hormone ini adalah untuk menyeimbangkan efek hormone estrogen didalam tubuh atau lebih dikenal sebagai hormone penenang. Perannya ternyata juga terdapat ketika fase luteal.

  1. Follicel stimulating hormone

Dikenal juga sebagai FSH merupakan hormone kelenjar pituitary yang terdapat pada otak. Adapun tugasnya adalah buat memberikan stimulasi folikel yang terdapat didalam indung telur buat mematangkan sel telur yang sudah diproduksi tersebut. Dalam siklus menstruasi, dimulainya produksi hormone ini ternyata menandakan adanya fase folikuler.

  1. Luteinizing hormone

Sama seperti dengan sebelumnya, luteinizing hormone ini sendiri diproduksi pada kelenjar pituitary. Dengan adanya hormone inilah maka sel telur yang sudah dimatangkan oleh FSH akan langsung dilepaskan ke Rahim sehingga nantinya akan langsung dibuahi.

Proses pelepasan sel telur tersebut ke Rahim dikenal sebagai fase ovulasi dimana merupakan masa paling subur bagi wanita didalam siklus menstruasi.

Mengenali siklus haid memang sangat penting bagi para wanita karena ternyata bisa menunjukkan bagaimana kondisi kesehatan. Demikian beberapa jenis hormone menstruasi yang mempunyai peran penting didalamnya.