October 18, 2021

disidentes.net

Melengkapi dalam sebuah keterbatasan

Ciri-Ciri Hamil Muda yang Sering Dialami

Ciri-Ciri Hamil Muda yang Sering Dialami

Trimester pertama kehamilan ditandai dengan banyak transformasi yang tak terlihat namun menakjubkan. Salah satu ciri-ciri hamil muda adalah berhentinya masa haid selama dua bulan atau lebih. Namun tentu saja terdapat ciri-ciri jika anda sedang hamil.

Ciri-Ciri Hamil Muda

  1. Payudara Lembut dan Bengkak

Kehamilan muda ditandai dengan pembengkakan payudara dan lembut yang disebabkan oleh fluktuasi hormonal di dalam tubuh. Begitu tubuh Anda beradaptasi dengan perubahan hormonal, ketidaknyamanan ini akan hilang dalam beberapa minggu.

Gejala ini mungkin mirip dengan PMS, tetapi bisa parah jika Anda sedang hamil. Jika menstruasi Anda terlambat dan Anda menemukan perubahan lain pada gejala payudara Anda, pastikan untuk melakukan tes kehamilan.

  1. Mual di Pagi Hari

Mual di pagi hari atau biasa disebut morning sickness mungkin menjadi salah satu ciri kehamilan muda. Umumnya, keadaan ini bisa dimulai kapan saja, siang atau malam. Itu juga bisa dimulai sekitar minggu ke-6 kemudian akan mereda seiring perkembangan kehamilan.

Anda mungkin merasa mual kapan saja sepanjang hari tetapi akan bertambah parah di pagi hari, itulah sebabnya disebut morning sickness. Kondisi ini mungkin lebih buruk pada kehamilan pertama Anda, tetapi bisa menurun saat usia kehamilan mulai bertambah.

  1. Bercak Darah

Saat Anda melihat bercak darah di celana dalam Anda, Anda tidak perlu heran. Ini mungkin merupakan karakteristik dari kehamilan muda. Ketika sel telur yang telah dibuahi ditanamkan ke dalam lapisan rahim, bercak merah akan muncul yang juga dikenal sebagai pendarahan implantasi. Ini terjadi sekitar 10 hingga 14 hari (1-2 minggu) setelah pembuahan, tetapi tidak semua wanita hamil mengalaminya

  1. Kelelahan

Kadar progesteron yang meningkat bisa membuat Anda merasa lelah. Selain itu, tubuh bekerja lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan si kecil di dalam kandungan, yang membuat sang ibu merasa lelah.

Konsultasikan dengan dokter Anda dan konsumsi vitamin prenatal, hindari kafein dan produk terkait, dan tidurlah yang nyenyak untuk melawan kelelahan. Perlu diketahui bahwa kelelahan juga bisa disebabkan oleh masalah kesehatan lain, seperti anemia, hipotiroidisme, dll. Mungkin kelelahan bukan satu-satunya indikator kehamilan.

  1. Mual

Hormon progesteron mengendurkan sfingter esofagus yang menyebabkan cairan lambung mengalir ke esofagus dan menyebabkan mual. Ini juga bisa menjadi ciri hamil muda. Untuk memastikannya, cobalah untuk tes kehamilan.

Tes Kehamilan Jika Mengalami Ciri Hamil Muda

Salah satu tanda seseorang hamil biasanya dikaitkan dengan menstruasi yang terlambat atau berhenti hingga beberapa bulan. Berhentinya periode menstruasi tidak selalu berarti hamil. Namun jika hal ini diikuti dengan ciri di atas maka mungkin saja anda hamil.

Hanya tes kehamilan, tes darah atau pemindaian ultrasound yang dapat memastikan kehamilan Anda. Jika positif hamil, pastikan untuk menjaga kesehatan tubuh bisa dengan membaca artikel di https://parenting.orami.co.id.