December 2, 2021

disidentes.net

Melengkapi dalam sebuah keterbatasan

7 Cara Membuat Business Plan yang Tepat dan Terarah

7 Cara Membuat Business Plan yang Tepat dan Terarah

Bisnis plan berguna untuk menyusun rencana bisnis yang tepat dan terarah sehingga bisnis dapat berjalan sebagaimana mestinya. Yuk, cek 7 cara yang dapat kamu terapkan sebelum memulai menjalankan usaha.

1. Tentukan latar belakang dan profil bisnis

Hal ini diperlukan untuk menentukan bagian-bagian yang paling relevan dalam menjalankan bisnis tertentu. Meliputi pegawai, pemodal, jaringan, struktur organisasi, sumber bahan, atau lain sebagainya. Susunlah profil sedetail mungkin untuk memperjelas tahapan yang perlu dilakukan dalam meraih target.

2. Analisis manajemen sumber daya

Sumber daya yang dimaksud meliputi tenaga kerja dan material atau bahan baku yang digunakan. Dalam hal ini kamu perlu melakukan analisis terhadap segala kemungkinan yang ada untuk memastikan bahwa sumber daya dapat terpenuhi selama pembangunan bisnis berlangsung.

3. Atur strategi pemasaran dan pendistribusian

Marketing concept

Mulailah menganalisa target pasar yang akan dibidik, kompetitor untuk mengetahui indikator daya saing, serta distribusi seperti lokasi membangun bisnis. Selanjutnya analisis metode distribusi yang tepat untuk mendukung jalannya bisnis.

4. Rencanakan arus perputaran modal

Modal itu penting lho. Sertakan potensi dan resiko mengenai kemungkinan terjadinya surplus atau defisit anggaran sebagai proyeksi pemasukan dan pengeluaran.

5. Riset pasar dan temukan peluang yang ada

Beberapa hal penting yang perlu diidentifikasi adalah tingkat persaingan, siklus harga, trend produk, perilaku konsumen, dan sebagainya.

6. Analisis risiko bisnis beserta pencegahannya

Buatlah analisis serta solusi untuk menangani mengenai risiko keuangan, kompetitor, produksi, manajemen, sumber daya, operasional, pemasaran, dan sebagainya.

7. Buat inovasi di bidang pengembangan bisnis

Suatu bisnis tertentu membutuhkan stimulus untuk membantunya berkembang, terlebih bagi bisnis modal kecil. Salah satu inovasi yang harus kamu terapkan adalah strategi ekspansi usaha. Berdasarkan riset yang telah kamu lakukan, ambillah kesimpulan untuk menentukan ekspansi usaha yang tepat.

Pastikan kamu dapat membuat perencanaan secara menyeluruh dan memuat hal-hal penting yang berkaitan dengan bisnis. Janganlah melewatkan hal sekecil apapun karena dapat menghambat bisnismu suatu saat nanti.