August 10, 2022

disidentes.net

Melengkapi dalam sebuah keterbatasan

4 Manfaat Kurma Bagi Tubuh, Tak Terduga

4 Manfaat Kurma Bagi Tubuh, Tak Terduga

Manfaat kurma tidak hanya menjadi salah satu buah yang dapat dimanfaatkan sebagai manisan untuk asupan energi pada saat berbuka puasa.  Kandungan gizinya yang cukup baik dapat menjadikan buah ini salah satu kudapan yang dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi.

Manfaat Kurma

Pada umumnya di Indonesia, kurma hadir dalam bentuk manisan keringnya, sehingga memiliki rasa manis yang menonjol. Namun, terkalahkan dengan teksturnya yang lembut dan legit. Oleh karenanya, buah kering ini sering kali dijadikan salah satu pilihan dalam sajian berbuka puasa.

Menghasilkan Energi

Kurma mengandung gula yang cukup tinggi sehingga dapat membantu tubuh untuk menghasilkan energi yang cukup setelah berpuasa sepanjang hari. Kendati demikian tidak hanya untuk itu saja. Tetapi dapat dimanfaatkan bagi mereka yang memang kekurangan energi dari karbohidrat.

Kurma juga dapat dijadikan salah satu sumber energi bagi mereka yang melakukan perjalanan panjang namun tidak memiliki kesempatan untuk menyantap makanan utama. Antara lain pendaki gunung atau petualang yang tetap membutuhkan energi dari karbohidrat. Manisnya kurma dapat membantu mereka mendapatkan energi.

Mampu Membantu Kesehatan Saluran Pencernaan

Buah kurma kaya dengan serat makanan yang dapat membantu kesehatan pencernaan. Dalam 100 gram kurma terdapat 7 gram serat yang akan menjadi salah satu nutrisi yang mampu menjadi makanan probiotik di dalam usus.

Oleh karenanya mengkonsumsi kurma secukupnya secara rutin dapat membantu anda untuk menjaga terjadinya konstipasi. Sebab, dengan kebutuhan serat yang cukup maka gerakan peristaltik usus akan lebih baik lagi. Sehingga saluran cerna dapat menyerap seluruh gizi yang dibutuhkan oleh tubuh secara maksimal.

Membantu Untuk Mengembalikan Elektrolit Tubuh

Buah kurma mengandung kadar kalium yang sangat tinggi sehingga dapat membantu untuk menggantikan zat elektrolit yang mungkin saja hilang karena keringat atau pembuangan lainnya. Sebab, diketahui kalium merupakan salah satu elektrolit tubuh yang memiliki fungsi penting. Selain itu bermanfaat untuk memperkuat massa otot.

Mencegah serta Mengurangi Inflamasi dalam Tubuh

Buah kurma diketahui memiliki polifenol yang merupakan Zat yang mempunyai sifat anti inflamasi. Oleh karenanya mengkonsumsi kurma dalam jumlah yang cukup dapat membantu untuk mencegah terjadinya peradangan oleh berbagai jenis oleh berbagai jenis patogen. Selain itu dapat mengurangi inflamasi yang sudah terjadi dalam tubuh.

Mencegah Anemia

Anemia merupakan salah satu gejala yang timbul karena tubuh kekurangan sel darah merah. Penyebabnya adalah asupan zat besi yang diperlukan tidak dapat diperoleh dari makanan yang dikonsumsinya setiap hari. Kondisi ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi kurma secara teratur dalam jumlah yang cukup.

Oleh karena kurma memiliki banyak zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka Anda dapat mengkonsumsinya secara teratur, sebagai salah satu pilihan untuk mendapatkan kecukupan nutrisinya.