October 18, 2021

disidentes.net

Melengkapi dalam sebuah keterbatasan

16 Subsektor Ekonomi Kreatif dan Peluang Usaha Sektor Fashion

16 Subsektor Ekonomi Kreatif dan Peluang Usaha Sektor Fashion

Menurut BEKRAF (Badan Ekonomi Kreatif) Indonesia, terdapat 16 subsektor ekonomi kreatif. Semua subsektor ini diharapkan mampu menjadi kekuatan baru bagi Indonesia untuk menyongsong tahun 2025.

Daftar Subsektor Ekonomi Kreatif

Berikut 16 subsektor ekonomi kreatif harapan penunjang ekonomi Indonesia di masa depan:

  1. Fashion
  2. Desain Produk
  3. Arsitektur
  4. Desain Komunikasi Visual
  5. Kriya
  6. Televisi dan Radio
  7. Fotografi
  8. Kuliner
  9. Video, Film, dan Animasi
  10. Seni Rupa
  11. Periklanan
  12. Seni Pertunjukan
  13. Aplikasi Pengembangan Permainan
  14. Musik Penerbitan
  15. Desain Interior
  16. Penerbitan

Peluang Usaha Sektor Fashion

Sektor fashion masih memiliki pengaruh industri yang besar di pasaran. Fashion selalu mengalami perkembangan sehingga permintaan selalu ada. Peluang usaha subsektor ekonomi kreatif fashion terbuka lebar dari skala industri kecil maupun yang besar.

Beberapa peluang usaha fashion industri kreatif yang bisa kamu coba di antaranya adalah:

1. Bisnis Bordir

Bordir masih banyak diperlukan dalam berbagai jenis pakaian, baik pakaian dinas maupun pakaian keseharian. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuka usaha bisnis bordir.

2. Bisnis Pakaian Anak dan Bayi

Kebutuhan akan pakaian anak dengan bahan yang lembut dan ringan bisa kamu manfaatkan menjadi peluang usaha. Kamu bisa mengkreasikan pakaian anak dan bayi dengan berbagai macam corak dan motif untuk menggaet konsumen.

Kesempatan menjual pakaian anak dan bayi sungguh besar dan kamu bisa menjadi pebisnis yang sukses dengan menjaga mutu dan kualitas dari bahan yang kamu gunakan.

3. Bisnis Handbag

Tas tangan atau handbag sangat digemari oleh kaum hawa. Wanita sangat menyukai handbag karena praktis sekaligus bisa mempercantik penampilan. Handbag selain sebagai pelengkap fashion juga sebagai tempat menaruh barang berharga seperti dompet dan handphone.

Kamu bisa mencoba bisnis ini dengan mempelajari tren fashion untuk handbag wanita dan mencari bahan kualitas terbaik.

4. Bisnis Pakaian Wanita Hamil

Bisnis pakaian wanita hamil makin berkembang seiring banyaknya wanita hamil yang membutuhkan baju yang nyaman. Selain itu, saat ini banyak sekali wanita hamil yang masih harus bekerja sehingga mereka membutuhkan pakaian hamil yang bisa dipakai untuk bekerja.

Pakaian wanita hamil ini menjadi kebutuhan dasar karena perut mereka yang semakin besar. Namun, mereka masih harus mengenakan dress code perusahaan karena masa cuti hamil yang belum dimulai.

5. Perancang Busana

Jika kamu sekolah di jurusan fashion, menjadi perancang busana bisa menjadi pilihan menarik. Saat ini, telah banyak perancang busana Indonesia yang dilirik oleh selebriti internasional karena memberikan ciri khas yang menarik dan unik.

Kamu bisa kenali bakat dan potensi kamu dan kembangkan menjadi desain unik dan kreatif. Kamu bisa bereksperimen dengan rancangan busana untuk menghasilkan kreasi yang berbeda. Dengan desain yang lain daripada yang lain, peluang usaha ini bisa membawa kamu kepada kesuksesan.

6. Membuka Butik

Butik bisa menjadi ide usaha yang kreatif dengan menjual pakaian-pakaian yang bermerek dengan tema butik yang kamu inginkan. Sasaran konsumen harus jelas dan kamu bisa menjual pakaian sesuai selera mereka.

Jika mempunyai brand sendiri, kamu bisa menjualnya langsung di butik sendiri agar merek pakaian semakin dikenal luas. Lengkapi butik kamu dengan website, sehingga bisa melayani pembelian secara online.

Selain itu, dengan adanya website, calon konsumen bisa melihat jenis-jenis pakaian yang kamu jual serta mengecek harga.

7. Bisnis Pakaian Muslim

Indonesia adalah negara dengan mayoritas penduduknya muslim. Kamu bisa menargetkan pasar muslim dengan menjual pakaian muslim. Kamu pun bisa membuat brand kamu sendiri dengan membuat rumah produksi pakaian dengan memberikan jaminan kualitas.

Bisnis pakaian muslim akan terus berkembang seiring tren fashion yang berubah-ubah. Selain itu, tipe fashion konsumen muslim juga sangat beragam, sehingga kamu bisa mencoba memenuhi beberapa kebutuhan itu.

8. Bisnis Pakaian Casual

Pakaian casual masih memberikan peluang yang besar untuk pelaku industri karena kebutuhan konsumen yang terus meningkat. Brand casual banyak sekali dan masih tetap bertahan dengan konsumen dari usia muda hingga yang tua.

Kamu bisa membuat merek pakaian casual kamu sendiri dan mencoba berjualan untuk pasar dalam negeri dan luar negeri.

Di antara 16 subsektor ekonomi kreatif, kamu bisa menjajal sektor fashion dan keberhasilan akan didapat dengan selalu terbuka akan informasi baru. Kamu harus selalu belajar dan mengembangkan ide agar konsumen selalu menjatuhkan pilihan pada fashionmu.